5 Jenis Buah Tinggi Serat untuk Anak

5 Jenis Buah Tinggi Serat untuk Anak

Memenuhi asupan gizi yang lengkap dalam masa pertumbuhan anak merupakan hal yang wajib. Cairan dan serat merupakan asupan gizi utama yang penting untuk kelancaran pencernaan anak. Salah satu cara memenuhi asupan serat harian anak adalah dengan memberikan buah-buahan yang mengandung serat. Berikut ini 5 jenis buah tinggi serat untuk anak.

1. Buah Apel

Salah satu buah berserat tinggi adalah apel. Dalam 100 gram buah apel terkandung 0,65 gram serat di dalamnya. Pada dasarnya buah yang baik untuk anak usia 1-3 tahun adalah jenis buah yang berserat tinggi dan bertekstur lembut agar mudah dicerna oleh pencernaan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Ibu dapat memotong buah apel dengan bentuk dadu untuk mempermudah proses makan si kecil. Perlu ibu ketahui nutrisi dalam kulit apel juga memberikan manfaat baik bagi tumbuh kembang si kecil. Sehingga, dalam pemberian buah apel untuk anak jangan dibuang kulitnya agar bisa mendapatkan manfaat secara maksimal.

2. Buah Berry

Beberapa buah yang termasuk dalam buah berry adalah strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry. Dibalik ukurannya yang kecil, kandungan serat dalam buah-buah tersebut tak kalah dengan kandungan serat dalam buah yang berukuran lebih besar.

Memiliki cita rasa asam manis umumnya buah ini banyak disukai anak-anak sebagai buah yang dimakan langsung atau disajikan sebagai jus. Dalam secangkir jus strawberry terdapat kandungan serat sebanyak 3 gram, sementara secangkir raspberry memiliki kandungan serat sebesar 8 gram.

3. Buah Pisang

Buah pisang juga termasuk sebagai sumber serat yang baik. Sebesar 0,63 gram serat yang bermanfaat terkandung di dalam 100 gram buah pisang atau setara dengan 2 buah pisang. Nutrisi baik yang terkandung di dalam buah pisang mampu meningkatkan energi dalam tubuh serta dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan anak.

4. Buah Alpukat

Tidak hanya mengandung vitamin dan asam lemak dalam buah alpukat juga terkandung serat dengan kadar yang cukup tinggi. Selain itu buah alpukat juga kaya akan protein, dan karbohidrat. Pemberian buah alpukat untuk anak akan sangat bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan fisik anak.

Mengonsumsi buah alpukat dengan aturan yang mencukupi dapat membantu memperlancar pencernaan pada anak usia balita. Kondisi pencernaan anak yang lancar memudahkan proses penyerapan nutrisi dari asupan makanan menjadi lebih optimal.

5. Buah Jeruk

Tidak hanya terkenal sebagai sumber vitamin C, buah jeruk juga mengandung antioksidan yang kuat. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah jeruk merupakan sumber serat yang baik untuk anak. Serat larut yang terkandung dalam buah jeruk merupakan sumber nutrisi yang membantu mencegah masalah pencernaan sekaligus mampu meringankan kasus sembelit pada anak.

Itulah, beberapa jenis buah tinggi serat untuk anak. Berbagai macam pilihan makanan kaya serat lainnya juga dapat Anda pilih untuk memenuhi asupan gizi anak secara lengkap. Berikan susu bebeclub.co.id khusus balita dan anak untuk semakin mengoptimalkan kebutuhan asupan serat dan nutrisi harian anak Anda.