Jenis Mainan Bayi 3 Bulan yang Wajib Bunda Berikan

Jenis Mainan Bayi 3 Bulan yang Wajib Bunda Berikan

Bayi yang berusia 3 bulan sudah menunjukkan keaktifannya terutama dengan memainkan tangan. Dia cepat tertarik dengan benda-benda yang ada di sekitar dan mencoba untuk meraihnya. Kalau sudah seperti itu, cara terbaik adalah memberikannya mainan. Banyak jenis mainan bayi  3 bulan mulai dari yang bisa digigit, diremas hingga diraba. Apa sajakah rekomendasi mainannya?

Rekomendasi Mainan Bayi 3  Bulan

  1. Teether

Saat menginjak usia 3 bulan, mainan wajib yang harus Anda berikan adalah teether. Dengan begitu, si kecil tidak terus-terusan menggigit tangan atau mengisap jari-jari. Teether juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Sekaligus meredakan rasa gatal saat gigi mulai tumbuh. Pastikan memilih teether yang terbuat dari bahan aman bagi si kecil.

  1. Rattle

Nama lainnya adalah kerincingan. Banyak manfaat dari memberikan mainan ini. Pertama, melatih bayi untuk menggenggam dengan baik. Sesekali gerakkan tangan si kecil untuk membunyikan suara kerincingan tersebut.  Selanjutnya, rattle juga bisa melatih bayi agar responsif terhadap suara dan gerakan. Alternatif lain adalah mainan gantung atau yang disebut juga dengan musical mobile.

  1. Mainan Karet

Jenis mainan karet yang mengeluarkan bunyi sangat cocok untuk bayi 3 bulan. Mainan tersebut juga dapat melatih kemampuan bayi dalam menggenggam dan meremas. Saat diremas, maka mainan akan berbunyi. Hal tersebut bisa menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan bahwa tangannya bisa melakukan banyak hal sehingga harus berhati-hati.

  1. Buku Bergambar

Bayi mungkin belum sepenuhnya paham, namun daya tarik dari buku bergambar adalah gambarnya. Sebab mereka cenderung penasaran dengan bentuk yang bervariasi, dan warna yang beragam.

Anda juga bisa membacakan ceritanya untuk si kecil sehingga membiasakan dia mendengar kata-kata.  Sebaiknya pilihlah yang board book bukan soft book. Sebab, board book biasanya memiliki gambar pop-up yang bisa dirasakan.

  1. Playmat

Menggunakan playmat sebagai mainan memang pilihan tepat. Selain sebagai alas yang empuk, playmat juga memiliki warna cerah dan gambar yang beraneka ragam. Mainan tersebut dapat menstimulasi penglihatan bayi. Permukaan playmat yang bertekstur pun dapat memberikan stimulasi untuk indera perabanya. Lengkapilah dengan playgym khusus untuk bayi. Sehingga dia bisa bereksplorasi lebih banyak.

  1. Boneka

Klasik memang, tapi tetap bermanfaat bagi perkembangan bayi. Boneka memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dipeluk oleh bayi. selain itu, bentuk boneka yang beragam dapat melatih indera perabanya. Hanya saja, perlu memastikan bahan boneka yang aman bagi bayi. Hindari membeli boneka yang menggunakan kawat atau banyak manik-manik karena bisa tertelan.

Mainan bayi  3 bulan ada banyak jenisnya. Namun, keenam mainan tersebut bisa dijadikan referensi yang baik. Beberapa tips dalam memilih mainan antara lain pastikan memiliki bahan yang empuk, memiliki ukuran yang sedang, dapat dijadikan sebagai stimulus bagi si kecil, memiliki beragam tesktur dan warna, serta mudah dibersihkan.