Serba-Serbi Bengkel AC Mobil Yang Wajib Anda Pahami

Serba-Serbi Bengkel AC Mobil Yang Wajib Anda Pahami

Kualitas udara didalam kendaraan menentukan seberapa nyaman si pengguna. Jika udara yang dihasilkan air conditioner ini sejuk, tentu mesin pendukungnya dalam keadaan yang bagus pula.

Tapi jika saat berkendara tubuh terasa gerah karena udara didalam mobil panas juga lembab. Pastinya akan sangat mengganggu perjalanan. Apalagi jika perjalanan yang bakalan ditempuh panjang. Duh berasa engga tahan ya sobat!

Kemungkinan Anda harus mengecek kondisi ini ke bengkel AC mobil. Siapa tahu keadaan panas udara didalam kendaraan akibat kerusakan mesin ini. Pasalnya, tak semua tempat servis kendaraan mampu mengatasinya. Ya kan?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Servis Kompresor AC Mobil?

Banyak cara untuk mengetahui kapan waktunya menyervis bagian mesin pendingin ini. Berikut beberapa ciri jika AC kendaraan Anda bermasalah;

  1. Bocor

Ketika pendingin kendaraan mengalami keobocoran, Anda bisa merasakan hembusan udara yang berbeda. Umumnya, hembusan ini memiliki kadar dingin yang tak sempurna. Semakin gede tingkat kebocorannya, maka udara dalam kabin akan cepat terasa panas.

Kendati demikian butuh setidaknya hingga satu sampai 6 minggu untuk freon habis secara total.

  1. Magnetic clutch

Banyak yang mengalami hal ini, Yap ketika kendaraan terjebak macet. Hal ini ditandai dengan udara kabin yang kemudian mendadak panas, padahal sebelumnya terasa normal dan dingin. Untuk mengakalinya bisa mematikannya terlebih dulu.

Setelah itu coba hidupkan kembali, maka mesin pendingin akan berjalan normal. Perlu diketahui, kejadian ini biasa diiringi oleh angka RPM mesin yang tinggi. Yakni diatas kisaran angka 1 atau 1000 RPM.

3.. Berbunyi

Anda perlu segera melakukan servis ac mobil ketika tombol pendingin kendaran Anda berbunyi. Bunyinya terasa sedikit kasar, atau sejenis gesekan.

Biasanya, Penyebab suara gesekan ini akibat  oli kompresor berkurang atau mau habis. Sehingga bearing menjadi longgar dan AS presisinya menurun.

  1. Berkurangnya Kompresi

Di poin ini Anda akan merasakan saat hembusan pertama mesin pendingin terasa kurang saat di rpm kecil. Namun, saat ada tarikan gas atau mobil mulai melaju di kecepatan tertentu. Maka, hembusan udaranya jadi lebih dingin dan berasa sejuk.

Ketika Anda menemukan sejumlah kejanggalan diatas. Berarti waktunya mengunjungi bengkel service compresor AC mobil. Jika Anda menundanya, kemungkinan kerusakan justru akan makin bertambah. Dan parahnya akan membuat mesin kompresor menjadi jebol.

Agar Air Condioner Kendaraan Cepat Dingin

Saat kendaraan melaju, udara yang sejuk akan memanjakan penggunanya. Tapi, terkadang mesin pendingin seringkali bermasalah. Berikut beberapa trik agar pendingin mobil cepat terasa sejuk dan nyaman.

  1. Usahakan Kaca Mobil Dalam Keadaa Terbuka

Ketika Anda menyalakan pendingin kabin, upayakan kaca kendaraan di posisi membuka. Agar udara panas dalam ruangan ini mampu keluar secara sempurna. Pasalnya, saat kaca tertutup udara di kabin terasa lebih panas ketimbang di luar kendaraan.

  1. Menjaga kebersihan interior

Sudah hal yang lumrah, menjaga kebersihan akan tetap menjadi solusi paling mudah. Kondisi mesin yang bersih tentu akan membuat kinerjanya lebih prima.

Terlebih, debu-debu halus yang menutupi filter ini seringkali menimbulkan masalah. Jika tak lekas dibersihkan siap-siap saja jika didalam kabin menjadi kurang nyaman.

  1. Metikan Mesin Dan AC secara Berkala

Mengapa hal ini diperlukan, apalagi saat perjalanan jauh? Kondisi mesin yang panas saat jarak tempuh begitu panjang berpengaruh pada kinerja fitur mobil lainnya. Meksi begitu, Anda dapat mengakalinya dengan cara mematikan kedua benda ini beberapa waktu.

Ingat pula untuk membuka jendela mobil agar sirkulasi udara menadi yang lebih lancar. Selain dapat mengistirahatkan pendingin kabin, nantinya ketika dinyalakan AC bakal bekerja dengan optimal.

Jangan Tunda

Mengenali beragam kondisi yang berbeda saat mesin bermasalah, wajib diketahui. Jika hal ini diterapkan bukan tak mungkin berbagai kerusakan bisa dihindarkan. Terkait pendingin kabin memang menjadi perhatian setiap penggunaa kendaraan.

Jika tak mampu melakukan perawatan simpel dan berkala. Tentu keadaan mesin akan lekas menurun dan tak prima. Maka dari itu Anda tetap perlu melakukan rangkaian pengecekan mandiri akan hal ini.

Namun, apabila terasa repot dan menemukan kejanggalan bisa langsung menuju bengkel. Siapa tahu Anda membutuhkan servis kompresor AC mobil, ya kan?